Monday, July 2, 2012

ITP [Idiopathic Thrombocytopenic Purpurae]

okay guys sekarang gue akan bahas tentang ITP atau sebuah penyakit kelainan pada trombosit . kenapa gue bahas ini ? karena gue mengalami penyakit ini .
jadi ITP adalah kelainan pada trombosit dimana trombosit si penderita nggak mencapai angka normalnya yaitu 150.000-400.000 . biasanya si penderita juga sering mimisan , memar , dan kalau luka susah banget berhentinya . nah , disini gue akan bahas pengalaman pribadi gue ya guys

dulu itu pas SD gue sering banget nggak enak badan . entah muntah , pusing pokoknya banyak banget keluhan gue . sekitar tahun 2005 tepatnya gue lagi kelas 6 SD , dalam perjalanan pergi ke sekolah gue pusing banget dan mual . akhirnya gue pulang lagi dan dibawa ke dokter yang praktek pagi-pagi yaitu dokter N . sebenernya gue ada dokter langganan dan gue cocok banget sama beliau sebut aja dokter R . tapi , beliau praktek dari sore ke malam .

nah , dibawalah gue ke dokter N sama nyokap gue . waktu itu emang lagi hot hotnya penyakit DBD . lalu gue disuruh periksa darah . waktu itu periksa darah hanya periksa DBD nya aja atau dengue nya . nah setelah lama menunggu , mas mas laboratorium nya nyamperin nyokap gue
"Bu , sebenernya kita nggak disuruh periksa trombosit . tapi , pas kita cek di lab , trombosit anak ibu rendah sekali"
pas gue liat trombosit gue itu hanya 68.000 kalau nggak salah . emang mas nya itu baik banget dan mungkin Tuhan nunjukkin jalan supaya gue tau tentang penyakit gue . terus kita balik ke dokter N dan kasih liat hasil lab nya . dia heboh
"waduh ! trombositnya rendah banget ! ini sih positif DBD . opname aja opname !"
terus gue diperiksa bintik bintiknya . dan bintik bintiknya itu nggak keluar . gue juga nggak demam . si dokter N berdalih kalau emang DBD itu suka nggak demam dan nggak keluar bintik-bintiknya .
akhirnya gue dan nyokap gue pulang untuk beres-beres . gue dikasih minum jambu biji + angkak yang katanya bisa menaikkan trombosit .

terus kita ke rumah sakit swasta dan gue dirawat saat itu . saat itu suster yang jaga gue bingung . kok DBD nggak demam dan masih nafsu makan . tapi , gue tetep dirawat sampai trombosit gue normal . setelah keluar dari rumah sakit , besoknya gue check trombosit lagi dan ternyata trombosit gue turun lagi ! akhirnya , gue ke dokter langganan gue yaitu dokter R . pas gue cerita ke dokter R dan dia liat hasil lab itu , dia kasih gue rujukan ke dokter jakarta , yaitu ke dokter darah . kenapa ? karena dokter R yakin gue bukan DBD tapi emang ada kelainan di darah gue .so , keesokannya gue langsung berangkat ke jakarta . nah rumah sakit yang gue datangi nggak hanya satu . tapi 2-3 . setiap gue check up kerumah sakit , darah gue diambil 4 botol banyak nya . dan hal itu terjadi setiap kali gue periksa ke rumah sakit . nggak kebayang berapa banyak darah gue yang udah diambil . kita pergi ke dokter darah dan sebenernya gue disuruh ke dokter internist tapi umur gue masih belum cukup .

di dokter darah ini , beliau sama sekali nggak mau pusing . beliau suruh gue untuk diambil aja sumsum tulang belakangnya . dan gue tau itu sakit banget . lutut nyokap gue sampai gemeter gue disuruh ambil sumsum tulang belakang . nyokap gue menolak . nyokap kasian sama gue yang masih SD . akhirnya , kita tau kalau dokter darah ini buka praktek sendiri malam hari . kita kesana dan nunggu dokternya sampai jam 12 malam . akhirnya di tempat praktek dokternya ini , beliau ambil darah gue lagi dan beliau lihat slide darah gue .

ternyata... beliau bilang kalau trombosit itu hidup selama 28 hari sebelum digantikan dengan trombosit baru . sedangkan trombosit gue , sebelum 28 hari sudah mati jadi trombosit gue nggak bisa normal . dan kata dokter itu , nggak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini . hanya gue yang harus menjaga dan paling hanya dikasih vitamin aja . gue nggak boleh beraktifitas , nggak boleh luka , nggak boleh memar , dan nggak boleh nggak boleh lainnya .
so , semua kegiatan gue berhenti . yang tadinya gue aktif pramuka , olahraga , jadi hanya diem aja dirumah . selama 3 tahun di SMP gue nggak ikut olahraga yang berat berat . gue jadi gampang cape kalau lari . pokoknya bener-bener tempe banget jadinya gue .

oh ya ternyata ITP gue ini berasal dari virus waktu gue kena cacar + menstruasi untuk yang pertama kalinya . phew , nggak ngerti juga gue . sampai sekarang sih trombosit gue hanya beberapa kali menyentuh angka normal dan selebihnya dibawah normal .
kemarin ini gue kena tipes juga dan katanya harus diopname karena ada penyakit bawaan yaitu ITP ini . yah intinya , yang penyakit kecil bisa jadi lebih bahaya dengan adanya ITP ini . gue juga nggak bisa minum obat dokter sembarangan yang bisa berdampak ke trombosit gue . gue nggak bisa cabut gigi secara langsung karena harus didampingi sama dokter darah . yaa begitu lah pokoknya .
semoga aja , trombosit gue ini cepet normal ya . amen O:)

No comments:

Post a Comment