Tuesday, July 4, 2017

ACNE : dr. med. Kun Jayanata, SPKK (K)

ohello guys! gila udah berapa tahun nggak nulis disini? semenjak masuk kuliah tuh sibuk banget dan nggak sempet lagi buka-buka blog ini. nah, karena sibuk kuliah, tugas nggak berhenti, ujian hidup gila gilaan, dan emang gue selalu pulang pergi jakarta-bogor bikin kulit muka tuh parah banget deh.

kusam, berminyak, dan yang paling parah itu jerawat. muncul mulu dah kayak kenangan #ciaa. hilang satu tumbuh dua. belum kempes udah merekah lagi. yang bikin bete tuh, jerawat selalu nyari tempat tempat strategis yang mencolok mata. entah di tengah hidung, di sekitar pipi, sampe dagu dan kening. parah deh.

gue sempet nyoba ke beberapa dokter kulit yang ada di bogor. dokter kulit yang pertama, gue udah habis hampir 2 juta. itu cuma dikasih krim aja. dan sama sekali nggak ada perubahan.

terus gue ke dokter kulit lagi. dulu pernah kesini karena beruntusan di punggung dan sembuh sama beliau, makanya sekarang kesini lagi untuk beresin masalah jerawat. disana nunggu agak lama, dipanggil dan konsultasi tuh. gue langsung dikasih perlakuan tuh entah apa namanya kayak 'treatment terbaru tahun ini bla bla'. jadi muka gue diolesin krim gitu dan astaga perihnya luar biasa. kena air dan bahkan kena tisu juga perih banget. dikasih krim juga dan total hampir 2 juta juga.

tapi, nggak ada perubahan. makin kesini makin hilang timbul jerawatnya. sampe kayak udah hopeless gitu dan googling, akhirnya ketemu review-review tentang dokter Kun.

akhirnya, dengan sisa sisa pengharapan terakhir, gue coba hubungi dokter Kun. ya ampun hubungin nomor teleponnya tuh bisa seabad diangkatnya saking ramenya yang telepon. akhirnya diangkat tuh, dan bikin janji untuk minggu depannya. lalu, pas sampai disana udah rame banget sama pasien. entah yang nunggu dipanggil entah yang nungguin obatnya.

nah, gue masuk kesananya bareng-bareng sama pasien lain yang baru pertama kali juga. kita dijelasin tentang hal-hal yang harus dihindari, yaitu tea tree oil, vitamin C dan facial. ternyata facial itu bikin wajah tuh bolong bolong dan nggak bisa disembuhin lagi dengan perawatan dan treatment apapun. makanya dilarang keras deh untuk facial ("udah bayar, muka rusak lagi", he said) . tapi, kita semua nggak ada pantangan makan apapun. APAPUN! gorengan, boleh. cokelat dan kacang? boleh banget.

setelah itu, langsung tiap pasien dilihat satu satu sama beliau dan dikasih tau tentang kondisi kulit dan macam krim yang dikasih. gue waktu itu dikasih antibiotik, obat jerawat yang diminum, krim jerawat I dan II, krim pemutih, dan sunblock. nah enak nya dokter Kun ini, kita nggak perlu kontrol tiap minggu, tapi 3 bulan jadi nggak keluar banyak biaya. untuk sunblock dan facial wash, kita nggak perlu beli disana. kalau punya ya silahkan, mau pake merek apapun bebas.

untuk biaya konsultasinya itu 300 ribu, krim-krimnya 40-50 ribu. untuk antibiotik lupa deh kayaknya 100 ribuan, yang mahal tapi sangat berkhasiat itu obat jerawat minumnya 320 ribu. denger-denger sih obat jerawatnya itu roaccutane.

waktu itu beliau bilang dalam waktu 6 minggu muka udah bersih, tapi waktu itu sampai 3 bulan muka gua masih jerawatan. akhirnya kesana lagi dan dikasih antibiotik lagi. beliau sih bilang obat jerawat minumnya harus diminum minimal setahun supaya jerawat nggak muncul lagi. tapi gue cuma minum 5 botol dan bolong bolong karena lupa dan sampai sekarang jerawat udah nggak muncul sama sekali cuma ya gitu muka nggak terlalu bersih karena mungkin nggak nurut sama dokternya ya.
untuk next time sih kayaknya gua bakal mau kesana lagi dan mau teratur minum obatnya biar kayak cici korea ❤

No comments:

Post a Comment